Peduli Disabilitas, Ketua DPRD Provinsi Jambi Serahkan Bantuan Kursi Roda

Jambi, TributeNews86 – Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto menyerahkan bantuan kursi roda kepada Anugrah Alfitrah, siswa kelas 7 SMP Negeri 6 Kota Jambi, Senin (19/4/2021).

Dalam kegiatan tersebut, Edi di dampingi oleh Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Provinsi Jambi, Nur Tri Kadarini, Kepala Dinas Sosial Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dinsosdukcapil) Provinsi Jambi, Arief Munandar dan Kepala Sekolah SMP Negeri 6 Kota Jambi, Boy Surau.

Bacaan Lainnya

Menurut Edi, awalnya salah seorang staf sekolah memberikan informasi kepada Ketua Fraksi PDI Perjuangan, bahwa ada seorang siswa penyandang disabilitas yang membutuhkan kursi roda. Selama ini, untuk memudahkan Alfi, sapaan akrab Anugrah Alfitrah, orang tuanya diperkenankan membonceng alfi dengan motor sampai ke depan ruang kelas.

“Dapat laporan itu, Mbak Rin (Nur Tri Kadarini, red) langsung koordinasi ke Dinsosdukcapil, Alhamdulillah, cuma hitungan hari, sekarang Alfi udah bisa pake kursi rodanya,” jelas Edi.

Dalam kesempatan itu juga, ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Jambi ini meminta Kadinsosdukcapil Provinsi Jambi, Arief Munandar, untuk melakukan pendataan kebutuhan kursi roda di Provinsi Jambi, khususnya untuk kebutuhan penyandang disabilitas dan lansia.

“Tolong di data lagi ya pak Arif, berapa kebutuhan kita, Bu Risma (Mensos-red) bilang dia punya kursi roda, nanti saya bantu minta,” tambah Edi.

Terkait Alfi, berdasarkan informasi orang tuanya, mulai SD sudah menempuh pendidikan reguler. Karena sedari kecil kondisi Alfi normal, barulah saat kelas 4 SD suatu ketika badan Alfi lemas dan berujung pada lumpuhnya sekujur tubuhnya. Meski demikian Alfi tetap memiliki semangat belajar yang tinggi.

“Awalnya lemas, terus jatuh, nggak bisa jalan, kata dokter secara medis nggak ada sakit,” ucap Munif, Ayah Alfi.

SMP N 6 Kota Jambi adalah sekolah reguler yang juga memberikan pendidikan untuk anak berkebutuhan khusus atau penyandang disabilitas, dikenal dengan sebutan Sekolah Inklusi.

“Di sekolah ini, anak yang berkebutuhan khusus maupun tidak, asal mereka mau belajar, kami terima,” ucap Boy Surau, Kepala Sekolah SMP N 6 Kota Jambi. (*)

Pos terkait