Bupati Anwar Sadat Laksanakan Safari Subuh Di Masjid Lama Hidayatullah

TributeNews86.com, Tanjab Barat – Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag didampingi Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si melaksanakan safari subuh di masjid lama Hidayatullah RT 02 Jl. K.H M. Thaib Anwari Kelurahan Tungkal II, Jum’at (18/11) pagi.

Terlihat warga setempat cukup antusias mengikuti Safari Subuh yang dilaksanakan di Masjid lama hidayatullah itu, mulai masyarakat desa, tokoh agama, Ketua Pengadilan Agama Tanjung Jabung Barat, Asisten Ekonomi Pembangunan, Staf Ahli Politik dan Hukum, Staf Ahli Perekonomian dan Pembangunan, hingga para Kepala OPD, Camat Tungkal Ilir terkait Serta Ketua Baznas Tanjung Jabung Barat.

Seperti biasa usai menjalankan shalat subuh berjamaah, Bupati Anwar Sadat kali ini dalam kultumnya menceritakan ketika Rasulullah SAW dalam keadaan sakit, saat itu beliau bertanya kepada Malaikat Jibril, Wahai Jibril, akankah engkau masih turun ke bumi setelah aku tiada. Lalu dijawab Malaikat Jibril, masih Ya Rasulullah, aku turun ke bumi untuk mengambil 10 Mutiara hidup sepeninggal engkau ya Rasulullah.

Dijelaskan Bupati Anwar Sadat, bahwa ada 10 Mutiara yang akan diambil Jibril ketika turun kebumi diantaranya yang pertama akan diambil dari muka bumi ini adalah keberkahan, mutiara kedua yang akan diambil dari bumi adalah rasa cinta (Mahabbah) dari hati manusia, lalu mutiara ketiga yang akan diambil dari bumi ini adalah rasa kasih sayang di antara keluarga, keempat yang diambil dari bumi ini adalah keadilan di hati pemimpin dan kelima yang akan diambil dari bumi ini adalah rasa malu dari wanita-wanita (banyak berkata, berpenampilan, dan bersikap tidak pantas).

“Mutiara keenam yang akan diambil malaikat jibril dari bumi adalah rasa sabar orang-orang fakir (miskin), Mutiara ketujuh yang akan diambil dari bumi adalah sikap Wara’ dan Zuhud dari para ulama. Jika wara’ dan zuhud telah hilang dari ulama maka nilai jati dirinya tergores.” Ucap Bupati Anwar Sadat.

“Yang kedelapan yang akan diambil dari bumi adalah dermawannya orang-orang kaya, Mutiara kesembilan yang akan diambil dari bumi adalah mengangkat Al-Qur’an. Yaitu menghilangkan ruh Al-Qur’an itu sendiri sebagai panduan dalam kehidupan, dan terakhir yang akan diambil dari bumi adalah iman. Ini adalah mutiara paling berharga di antara sembilan mutiara lainnya.” Tambahnya.

Selain itu Bupati Anwar Sadat juga menghimbau untuk tetap berhati – hati dan meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai resiko bencana. Diantaranya kondisi cuaca dan banjir air pasang yang terjadi jelang akhir tahun.

“Kepada masyarakat untuk selalu berhati – hati saat banjir datang, jaga baik – baik anaknya saat beraktivitas jangan sampai hal – hal tidak di inginkan terjadi. Saya menghimbau untuk selalu menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu saya mengingatkan juga untuk selalu berhati – hati dan awas dengan peralatan listrik di dalam rumah dan juga peralatan elektronik, apalagi ketika rumah sedang ditinggalkan, agar terhindar dari Kebakaran.” Harap Bupati Anwar Sadat.

Pada acara yang sama, Pemerintah Daerah bersama Baznas Kabupaten Tanjung Jabung Barat menyerahkan bantuan renovasi sarana dan prasarana Masjid lama Hidayatullah sebesar 10 juta dan bantuan sembako kepada warga setempat yang kurang mampu.

Kegiatan dilanjutkan dengan meninjau jembatan yang berada di belakang Masjid serta Ziarah ke makam KH. Abdul Wahab bin Syekh Ismail Negara yakni Kakeknya Bupati Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag yang berada disamping Masjid Hidayatullah.

Pos terkait