Bupati Tanjung Jabung Barat Aspresiasi Diksar Rasimen Mahasiswa Sultan Thaha Jambi

Tanjab Barat, TributeNews86 – Menjadi Inspektur Upacara penutupan Pendidikan Dasar (Diksar) Resimen Mahasiswa (Menwa) Sultan Thaha Jambi Tahun 2021, Bupati apresiasi kegiatan pendidikan dasar menwa yang diikuti oleh 140 orang peserta dari 21 Perguruan Tinggi di Provinsi Jambi tersebut. Minggu (05/12).

Lebih lanjut, Bupati dalam sambutannya mengatakan bahwa Diksar Menwa merupakan wahana pembentukan sikap, mental, kemampuan fisik, disiplin, pengetahuan dan keterampilan dasar olah keprajuritan bagi para calon anggota Menwa Sultan Thaha.

Bacaan Lainnya

“Hal tersebut menjadi modal pembentukan karakter generasi penerus bangsa , Menwa dituntut agar terus mengupayakan, dan menanamkan nilai- nilai bela negara, terutama ditengah arus perubahan lingkungan strategis akibat globalisasi maupun euforia reformasi yang cenderung mengakibatkan lemahnya wawasan kebangsaan dan kesadaran bela negara,” ujar Bupati.

“Karenanya Menwa perlu menjadi Garda terdepan memerangi berbagai ancaman tersebut, sebab pemuda adalah kekuatan Pembangunan Bangsa, peran serta pemuda termasuk di dalamnya Mahasiswa, memang senantiasa mewarnai setiap episode perjalanan sejarah bangsa Indonesia,” tambah Bupati.

Masih dalam sambutannya, Bupati juga berharap, bekal ilmu yang didapatkan selama pendidikan dapat menjadikan MENWA yang memiliki rasa tanggung jawab dan rasa kepedulian kepada masyarakat, terutama dengan kegiatan pelatihan yang memang diarahkan untuk mewujudkan salah satu tugas mulia Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Hal ini dibuktikan pada akhir masa pendidikan, dengan wujud pengabdian masyarakat melalui program bakti sosial bedah rumah masyarakat kurang mampu, diantaranya Rehab total rumah milik warga kaum surau Al-mujahiddin Desa Lubuk Terentang Kecamatan Betara yang bergotong royong dengan masyarakat,” ungkap Bupati.

Diksar Menwa sultan Thaha provinsi jambi yang dilaksanakan selama 10 hari ini, merupakan salah satu rangkaian yang digagas oleh Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkab Tanjab Barat Hidayat SH, MH selaku Komandan Resimen mahasiswa Sultan Thaha Jambi bekerjasama dengan Pemkab Tanjung Jabung Barat.

Turut hadir pada Upacara penutupan Diksar Menwa yang dilaksanakan di Alun-Alun Kota Kuala Tungkal, Ketua DPRD Tanjab Barat Abdullah SE, Danmen Menwa Sultan Thaha Hidayat SH MH, Kadis BLH, Kadis Perikanan, Kabag Ekonomi Setda, Perwakilan Kodim 0419/Tanjab, Perwakilan Polres Tanjab Barat dan Tamu undangan Lainnya.

Pos terkait