Hadiri Wisuda Ke-XVIII STAI An- Nadwah Kuala Tungkal,Ini pesan Bupati Anwar Sadat

Tanjab Barat, TributeNews86.com – Pelaksanaan wisuda sarjana angkatan Ke-Xlll universitas STAI An-Nadwah Kualatungkal sukses digelar di Aula Balai adat Kualatungkal,Sabtu (08/10/22).

Pada kesempatan tersebut, Selain dihadiri oleh pihak Universitas STAI An-Nadwah Kualatungkal, turut hadir secara langsung Bupati Tanjung Jabung Barat H.Drs.Anwar Sadat,Mag, Rektor UIN Provinsi Jambi dan para tamu undangan lainya.

Dihadapan ratusan wisudawan Universitas STAI An-Nadwah, Bupati mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan wisudawati yang baru saja dilantik.

bupati mengatakan Gelar sarjana yang saudara sandang tersebut, disatu sisi mengindikasikan keberhasilan saudara dalam menjalani proses perkuliahan, menimba ilmu pengetahuan dan meningkatkan wawasan. Namun disisi lain, gelar tersebut merupakan tantangan bagi saudara dalam menjalani proses kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Kenapa saya katakan demikian, sebab manakala gelar kesarjanaan telah saudara sandang, maka masyarakat akan memandang saudara adalah orang yang mempunyai kemampuan lebih. Oleh karena itu, saya berpesan agar para wisudawan dan wisudawati yang baru saja diwisuda, agar tetap bersemangat untuk belajar.

Jadilah pembelajar sepanjang hayat,Karena masa belajar di sekolah sangat dibatasi waktunya, sedangkan di masyarakat adalah masa pembelajaran yang sebenarnya.

Saya juga berharap agar proses pembelajaran yang saudara jalani selama di STAI An-Nadwah Kuala Tungkal ini, dapat meningkatkan pengetahuan (knowledge), Keterampilan (skill), dan yang paling penting yaitu terjadinya perubahan sikap (attitude) kearah yang lebih positif atas segala tantangan kehidupan dalam dunia nyata.

Namun perlu saudara sadari bahwa, gelar kesarjanaan saudara tidak menjamin kesuksesan saudara di masyarakat. Kesuksesan saudara di tengah-tengah masyarakat sangat tergantung dengan saudara-saudara sendiri, bukan karena gelar kesarjanaan yang telah Saudara miliki.

Para Wisudawan-wisudawati, “Jagalah nama baik almamater saudara dan jadikanlah momen ini sebagai babak baru untuk lebih memacu diri saudara dalam meraih prestasi di masa yang akan datang,”ujar Bupati.

Lebih lanjut di sampaikan Bupati,Saya juga berpesan kepada STAI An-Nadwah Kuala Tungkal untuk lebih memacu diri dan menciptakan program-program yang lebih inovatif, sesuai dengan kebutuhan dan potensi daerah.Sehingga output yang dihasilkan STAI An-Nadwah Kuala Tungkal mampu bersaing secara global. Atas dasar itu, tentunya banyak yang harus terus ditingkatkan oleh STAI An-Nadwah Kuala Tungkal, untuk meningkatkan berbagai keunggulan tersebut.

Saya berkeyakinan STAI An-Nadwah Kuala Tungkal , akan mampu menjalin berbagai kerjasama baik dengan sesama lembaga pendidikan maupun dengan lembaga swasta, baik di dalam negeri maupun jalinan kerjasama dengan institusi di luar negeri.

Dalam kesempatan tersebut itu juga Bupati menjelaskan Sebagai insan yang diberikan amanah memimpin pemerintahan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat, saya dan jajaran pemerintah Kabupaten, telah berkomitmen untuk bekerja lebih keras guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat daerah ini.

Sebagaimana kita ketahui, pada saat dilantik setelah menjadi Bupati Tanjung Jabung Barat tahun yang lalu, kita dihadapkan pada tantangan pembangunan yang semakin berat karena permasalahan Covid 19 yang melanda dunia.

Dalam keadaan aktivitas ekonomi masyarakat yang terbatas membuat pertumbuhan ekonomi Tanjab Barat terkontraksi pada tahun 2020 pada angka -0,60 dan berkat usaha kita bersama pertumbuhan ekonomi pada tahun 2021 meningkat pada 1,36, Insya Allah kita terus berupaya untuk meningkatkan pertumbuhan tersebut pada tahun ini.

Pendemi Covid 19 juga telah mendorong meningkatnya angka kemiskinan pada angka 10,75 persen pada tahun 2021 dan pengangguran pada angka 2,53 persen pada tahun yang sama.

Sengaja saya sampaikan gambaran tersebut pada forum ilmiah ini adalah sebagai informasi dan tantangan bagi kita semua, bahwa kita harus mengambil langkah yang lebih progresif serta percepatan untuk melaksanakan program-program pembangunan.

Untuk itu, melalui Visi mewujudkan Tanjung Jabung Barat yang Berkualitas, Ekonomi Maju, Religius,Kompetitif, Aman dan Harmonis(BERKAH)telah ditetapkan bahwa peningkatan Sumber Daya Manusia merupakan sebagai salah satu Prioritas Pembangunan.

Upaya peningkatan Sumber daya manusia terus kita lakukan. Baru-baru ini Pemerintah Daerah Tanjung Jabung Barat mengirim 2(dua) orang staf belajar ke Singapore tentang Manajemen Pendidikan dengan biaya sepenunya dari pihak Singapore.

Dalam waktu dekat ini saya sudah meminta 2(dua) orang staf ini untuk melaksanakan seminar pendidikan bagi para pelaku pendidikan untuk memberikan pencerahan tentang manajemen pendidikan.

Tentu saja untuk mewujudkan kualitas pendidikan ini butuh usaha yang serius dan konvergensi serta dukungan dari semua pihak baik pemerintah, swasta dan masyarakat termasuk STAI An-Nadwah Kuala Tungkal.

Saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada STAI An-Nadwah Kuala Tungkal beserta segenap civitas akademika atas dedikasi yang diberikan selama ini. dan sekaligus saya menaruh harapan agar terus meningkatkan kontribusinya dalam Peningkatan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,”tutup Bupati.

Pos terkait