KKN-T IPB University Launching Taman Baca Sekaligus Pengenalan Proker Budikdamber Dan Ecobrick

Tanjab Barat, TributeNews86 – Mahasiswa KKN-T IPB University bekerja sama dengan RT 29 Kelurahan Eka Jaya Kota Jambi menggelar launching Taman Baca yang dihadiri warga setempat, Sabtu (31/7)

Taman baca yang diberi nama “Jendela Dunia” ini diharapkan mampu membuka dan menambah pengetahuan serta menaikkan minat baca anak-anak, Taman baca diisi dengan buku-buku umum, buku pendidikan sekolah, dan buku pengetahuan lainnya yang diperoleh dari hibah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Jambi serta sumbangan masyarakat setempat, Launching diawali dengan sambutan oleh ketua RT 29 dan diakhiri dengan pemotongan pita oleh perwakilan warga RT 29.

Bacaan Lainnya

Selain launching taman baca, mahasiswa KKN-T IPB University juga melaksanakan sosialisasi program kerja yaitu Budikdamber (Budidaya Ikan Dalam Ember) dan Ecobrick.

Budikdamber adalah salah satu kegiatan yang mampu memanfaatkan lahan sempit di pekarangan rumah dan dapat menjadi aktivitas tambahan di masa pandemi khususnya masa PPKM seperti saat ini.

Budikdamber diangkat sebagai proker di RT 29 karena mampu menjadi pemasukan tambahan masyarakat setempat. Sosialisasi dimulai dengan penjelasan dan dilanjutkan dengan demo pembuatan oleh Fika Puspita, salah satu anggota KKN-T.

“Alat yang digunakan sangat sederhana dan pengelolaannya cukup mudah, bisa menjadi alternatif pemasukan di masa pandemi” jelasnya

Ecobrick adalah kegiatan mengolah sampah botol plastik menjadi barang yang lebih bermanfaat, seperti meja dan kursi belajar. Habibah Tesya, salah satu anggota KKN-T memaparkan bahwa Ecobrick dapat menjadi solusi pemanfaatan limbah ramah lingkungan yang diharapkan mampu mengurangi pencemaran Kedua proker ini diharapkan dapat menjadi contoh yang dapat diaplikasikan para warga RT 29. (*)

 

Pos terkait