Jadi Pemateri LK II HMI Cabang Jambi Kapolda Jambi : Pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam dalam menghadapi isu sara di media sosial.

Jambi, TributeNews86 – Kapolda Jambi, Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo menjadi pembicara pada kegiatan Intermediate Training (Latihan Kader II) tingkat Nasional Himpunan Mahasiswa Islam (HMI).

Kegiatan yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Jambi dengan mengangkat tema “Revitalisasi Perjuangan HMI dalam Menjawab Tantangan Zaman di Era Disrupsi Guna Menyongsong Indonesia Emas 2045”, dilaksanakan di Asrama Haji Kota Jambi yang Diikuti oleh 80 Peserta dari Pulau Sumatera dan Jawa.

Dalam pemaparan materi, Kapolda Jambi Irjen Pol A. Rachmad Wibowo mengatakan pentingnya pendidikan kewarganegaraan dalam dalam menghadapi isu sara di media sosial.

“Dimasa Digital sekarang, internet mempunyai ciri tanpa batas dan sangat cepat menyebar, hal ini menjadi kelebihan dan tantangan yang besar”, ujar Kapolda Jambi, Minggu, (20/03/2022).

Kapolda Jambi juga mengatakan tantangan yang dihadapi dalam masa digitalisasi ini tentu, arus informasi yang dapat diakses masyarakat akan sulit dibendung. Mahasiswa khususnya diharapkan dapat memilah, dan informasi yang diterima agar tidak menimbulkan kegaduhan nyanyinya.

“Setiap hari kita melihat informasi yang sama, dari bangun tidur sampai tidur lagi, karena hanya informasi itu yang kita lihat, kemudian kita menganggap bahwa itu adalah benar. namun diera sekarang informasi seperti itu bisa dimanipulasi”, jelas Alumni Akpol 1993 ini.

Ditambahkan Irjen Pol. A. Rachmad Wibowo karakter internet yang Anonymouse juga harus dicermati, bahwa siapa saja bisa memberikan dan menyebarkan informasi yang belum tentu kebenarannya.

“Jangan terlalu percaya dengan internet, karena informasi yang ada di internet bisa dimanipulasi, maka adik-adik mahasiswa ini nanti harus mampu memberikan pemahaman dan meluruskan informasi bohong di masyarakat”, imbuhnya.

Sementara itu Ketua Umum Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Jambi Yasir Hasbi mengatakan mengapresiasi Kapolda Jambi atas perhatiannya untuk HMI.

“Saya selaku Ketua Umum HMI Cabang Jambi, mengapresiasi Kapolda Jambi, ditengah kesibukan beliau menyempatkan hadir pada kegiatan Intermediate Training (Latihan Kader II) tingkat Nasional ini”, tutur Hasbi.

Yasir Hasbi berharap materi yang disampaikan Kapolda Jambi bisa dipahami dan menjadi bekal untuk perubahan bagi kader-kader yang mengikuti Intermediate Training (Latihan Kader II) tingkat Nasional di Cabang Jambi ini.

“Pelatihan kader yang telah kami mulai pada Minggu tanggal 13 maret 2022 sampai hari ini, telah melalui berbagai rangkaian kegiatan dan materi, dan hari ini hadirnya bapak Kapolda Jambi dalam memenuhi undangan sebagai pemateri memang kami tunggu-tunggu. Pasalnya materi yang disampaikan oleh beliau selaras dengan tema yang kami angkat dalam agenda kali ini. Juga kami berharap apa yang beliau sampaikan dapat dipahami oleh para peserta, hingga kedepannya ini menjadi bekal perubahan bagi kader yang mengikuti Intermediate Training HMI cabang Jambi ini”, pungkasnya. (*)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *