Sekda Tanjab Barat Ikuti Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah Tahun 2022

TributeNews86.com, Tanjab Barat – Bupati Tanjung Jabung Barat melalui Sekretaris Daerah Ir. H. Agus Sanusi, M.Si mengikuti Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Daerah tahun 2022, Senin (21/11).

Rakor yang diikuti secara zoom meeting dari Balai Pertemuan Kantor Bupati tersebut, juga turut dihadiri oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Kajari Tanjab Barat, perwakilan dari unsur Forkopimda, Kepala OPD terkait, Kabag Perekonomian dan Badan Pusat Statisik. Selain itu, rakor tersebut juga turut diikuti secara virtual oleh Gubernur, Bupati/Walikota se Indonesia.

Pimpin langsung Rakor, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, Tito Karnavian menyampaikan bahwa Deflasi dibulan Oktober tahun 2022, terjadi deflasi 0,11% sehingga secara year on year angka inflasi nasional mengalami kenaikan menjadi 5,71%.

“Akibat perang rusia ukraina, tingkat inflasi indonesia per November 2022 berada di peringkat 19 pada Negera G20, yang termasuk inflasi ringan, jauh dibawah Argentina tingkat inflasi yang mencapai 88%.” Jelasnya.

Walaupun termasuk inflasi ringan, Mendagri mengharapkan kepada Pemerintah Daerah (Pemda) agar tetap melakukan langkah konkrit dalam pengendalian Inflasi Daerah di masing-masing tempat.

Sementara itu Deputi Bidang Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Nasiolal, Andriko Noto Susanto menyebutkan komoditas beras menjadi kontributor tertinggi terhadap inflasi pangan nasional.

“Hal tersebut perlu dijadikan perhatian bersama Pemerintah Pusat dan Daerah karena tren peningkatan harga beras telah terjadi sejak bulan Juli 2022.” Katanya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *