Di Hadiri Wagub Jambi, Wabup Hairan Buka Secara Resmi Festival Arakan Sahur Tahun 2022

Tanjab Barat, TributeNews86 – Dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1443 Hijriyah/2022, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tanjung Jabung Barat melalui Dinas Parawisata Kepemudaan dan Olahraga kembali menggelar festival arakan sahur, Sabtu Malam (16/4/2022).

Meskipun sempat vakum berapa tahun namun tidak menyurutkan niat pemkab bersama pihak terkait dan Ribuan masyarakat kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk menggelar kembali tradisi tahun tersebut saat di bulan Ramadhan.

Bacaan Lainnya

Bukti agenda tahunan ini di nantikan dan di rindukan masyarakat Tanjabbarat, pantauan dilapangan terlihat sebelumnya pelaksanaan di mulai sepanjang jalan route yang dilalui peserta arakan sahur telah dipadati masyarakat yang datang dari segala penjuru untuk menyaksikan momentum tahunan tersebut.

Kegiatan arakan sahur perdana ini di hadiri langsung oleh Wakil Gubernur Jambi dan dibuka langsung oleh Wakil Bupati Tanjabbarat Hairan, SH dengan di dampingi PLTU Kadis Pora Tanjabbarat H.Mulyadi.

Selain itu turut hadir juga Sekda, Asisten, staf ahli, para kepala OPD, Kabag, Camat dan para Prokopinda Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Pembukaan momentum tahunan ini di tandai dengan pemukulan bedug oleh Wakil Bupati dan Wakil Gubernur Jambi Tanjabbarat.

Wakil Bupati Tanjung Jabung Barat Hairan SH mengatakan dalam menyambut bulan suci ramadan seperti tahun-tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten kembali menyelengarakan festival arakan sahur untuk melestarikan budaya masyarakat Tanjabbarat.

“Alhamdulillah berkat kerjasama semua pihak Kita bisa kembali menggelar arakan sahur untuk melestarikan budaya di kabupaten yang dikenal semboyan Serangku dayung serentak ketujuan ini dalam bentuk wisata religi. Selain itu, saya harapkan kita semua tetap mematuhi protokol kesehatan dan selalu menjaga kondusifitas agar kegiatan dapat berjalan lancar serta melalui kegiatan ini mampu menjadi perkuat jalinan silaturahmi seluruh lapisan masyarakat dari berbagai suku agama dan kepercayaan,” Ujar Wabup.

Selain itu,Wabup juga mengajak kepada masyarakat untuk selalu menjaga kesehatan dan bagi masyarakat yang belum vaksinasi agar segera mendatangi fasilitas kesehatan atau grand vaksinasi yang sudah di sediakan panitia.kemudian Wabup juga mengatakan,izinkan saya beserta keluarga mengucapkan mohon maaf lahir dan batin di bulan yang penuh berkah ini.dan mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa dan terus jaga silahturahmi sesama umat beragama agar terciptanya toleransi di Kabupaten Tanjung Jabung Barat,”tuturnya.

Masih dikatakan Wabup ,bahwa iven festival Araan sahur ini telah terdaftar di provinsi Jambi,”insya Allah kedepan tanggung jawab kami bersama pemerintah daerah kabupaten Tanjung Jabung Barat untuk dapat mendaftarkan festival Araan sahur ini menjadi festival tingkat nasional yang ada di Jakarta dan harapan kita kedepan bapak menteri dapat turun membuka acara ini kedepannya,”tutup Wabup.

Sementara PLTU Kepala Dinas Parawisata Kepemudaan dan Olahraga Tanjung Jabung Barat, H.Mulyadi menyampaikan kegiatan arakan sahur pemkab tanjab barat kali ini sangat luar biasa, karena baru kali ini di hadiri langsung oleh pak wakil gubernur Jambi dan berharap dukungan dari pak gubernur Jambi agar iven tahun Araan sahur ini menjadi Iven provinsi yang akan setiap tahun di laksanakan di kabupaten Tanjabbarat.

Selain itu disampaikan Kadispora,bahwa panitia menyediakan tempat Vaksinasi gratis untuk masyarakat di balai pertemuan kantor Bupati.kemudian Dispora juga telah menyediakan uang pembinaan senilai Rp 60 juta dengan rincian juara 1 Rp 20 juta+piala tetap, juara ll Rp 15 juta +piala tetap dan juara lll Rp 10 juta +piala tetap serta juara harapan l Rp 6 juta+piala tetap,juara harapan ll Rp 4 juta+piala tetap, juara harapan lll Rp 3 Juta+piala tetap dan juara favorit Rp 2 juta +piala tetap,”jelas kadis.

(*/Uus)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *